Tips Merencanakan Liburan Di Bali

Pura Ulundanu, Danu Beratan, Bedugul BaliSebelum berlibur ke Bali ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Karena jika anda tanpa perencanaan yang matang, niscaya liburan anda akan gagal total. Perencanaan ini meliputi pemesanan kamar hotel, pemesanan paket liburan melalui Travel Agent, perencanaan jadwal kegiatan selama liburan.

Berikut 10 hal penting yang harus anda rencanakan:

  1. Jika anda berlibur pada periode High season (Liburan Sekolah sekitar Juni – Agustus, dan Lebaran sekitar September – Oktober) atau pada Peak Season (Natal dan Tahun Baru), pastikan anda sudah memesan hotel minimal 3 bulan sebelumnya.
  2. Diluar periode diatas, anda bisa memesan hotel minimal seminggu sebelumnya, atau mungkin langsung datang ke hotel dan book kamar (resiko hotel penuh). Gunakan jasa Travel Agent untuk mendapatkan harga hotel yang lebih murah.
  3. Jika anda memesan hotel secara online, pastikan dan pastikan lagi bahwa website tersebut adalah website resmi hotel bersangkutan. Karena anda akan diwajibkan membayar deposit atau bahkan full payment tergantung masing-masing hotel.
  4. Jika menggunakan Travel Agent, pastikan travel agent tersebut adalah travel agent resmi anggota ASITA (ASSOCIATION OF THE INDONESIA TOUR & TRAVEL AGENCIES – harus brow!), untuk menghindari penipuan dan tentunya kenyamanan selama liburan di Bali
  5. Setelah anda memesan hotel, dan telah melakukan pembayaran, pastikan anda menerima voucher atau bukti pemesanan kamar. Jika melalui travel agent, anda akan mendapatkan voucher hotel dan voucher paket untuk yang mengambil paket.
  6. Rencanakan dimana akan tinggal nantinya. Untuk keramain dan hiburan malam, anda bisa tinggal di sekitar Kuta, Legian, Tuban, Seminyak. Untuk suasana alam dan eksotik, anda bisa menginap di Ubud dan Candidasa. Untuk kemewahan dan privasi anda bisa tinggal di Nusa Dua dan Jimbaran. Untuk meeting dan sekolah, anda bisa tinggal di Denpasar dan Sanur.
  7. Jika anda tidak mau terlalu rumit, anda bisa memakai jasa travel agent dan memesan paket yang sesuai dengan jadwal dan budget anda.
  8. Jika anda memesan paket wisata Bali, cek pada itineraries apa saja yang akan anda dapatkan. Apakah paket tersebut sudah termasuk kamar, apa sudah termasuk makan pagi, makan siang dan makan malam, apa sudah termasuk antar-jemput dari/ke airport, apa sudah termasuk tiket memasuki obyek wisata dan hiburan seperti kecak dan barong, cek jadwal liburan kemana saja anda akan diajak, apakah sudah termasuk guide dan sopir.
  9. Jika anda menggunakan sopir freelance, semua hal harus anda tentukan sendiri. Biasanya harga cuma untuk mobil+bensin+sopir. Belum termasuk tiket masuk dan biaya makan.
  10. Terakhir, jika anda ingin melakukan aktifitas seperti rafting, naik gajah, quad driving, trekking, bike tour, watersport, naik unta, naik kuda, dsb, gunakanlah jasa travel agent. Karena anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding anda memesan langsung ke kantornya atau lewat sopir freelance.

Sekali lagi, informasi diatas adalah sebuah saran untuk merencanakan liburan di Bali. Jika anda mempunyai tambahan atau pertanyaan, gunakan halaman “hubungi kami”.

Ayoo berlibur ke Bali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s