Mata Air Suci Tirta Empul Dan Istana Tampaksiring

Kedua obyek wisata ini tidak dapat dipisahkan, karena lokasi yang berdampingan dan sejarah Tapaksiring pun berawal dari keberadaan situs pemandian Tirta Empul.

Komplek Pura Tirta Empul merupakan salah satu Pura Kuno peninggalan zamanpemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa, dan hal ini dapat diketahui dari adanya sebuah piagam batu yang terdapat di Desa Manukaya yang memuat tulisan dan angka yang menyebutkan bahwa permandian Tirta Empul dibangun pada Sasih Kapat tahun Icaka 884, sekitar Oktober tahun 962 Masehi.

Sedangkan Pura Tirta Empul sendiri dibangun oleh Raja Masula Masuli ketika berkuasa dan memerintah di Bali. Hal ini tercantum dalam Prasasti Sading ada disebutkan, Raja Masula Masuli bertahta di Bali mulai tahun Icaka 1100 atau tahun 1178 M, yang memerintah selama 77 tahun. Berarti ada perbedaan waktu sekitar 216 tahun antara pembangunan permandian Tirta Empul dengan pembangunan puranya.

Berada tepat diatas Pura Tirta Empul, Istana Tampaksiring merupakan salah satu Istana Kepresidenan yang dibangun pada masa Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Pintu masuk Istana berada disebelah barat, yaitu di Jalan utama Jalan Astina. Sejarah Istana Tampaksiring berawal ketika Presiden Soekarno menginginkan adanya tempat peristirahatan yang hawanya sejuk jauh dari keramaian kota, cocok bagi Presiden Republik Indonesia beserta keluarga maupun bagi tamu-tamu negara.

Karena lokasi yang pas serta adanya Pura Tirta Empul yang memiliki fibrasi spiritual yang tinggi, maka dipilihlah Tampaksiring, tepatnya di Desa Manukaya, Gianyar. Arsiteknya adalah R.M. Soedarsono dan istana ini dibangun secara bertahap. Komplek Istana Tampaksiring terdiri atas empat gedung utama yaitu Wisma Merdeka seluas 1.200 meter persegi dan Wisma Yudhistira seluas 2.000 meter persegi dan Ruang Serbaguna. Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira adalah bangunan yang pertama kali dibangun yaitu pada tahun 1957. Pada 1963 semua pembangunan selesai yaitu dengan berdirinya Wisma Negara dan Wisma Bima.

Istana Tampaksiring sendiri tidak dibuka untuk umum, tetapi bisa anda lihat dari Pura Tirta Empul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s