Kecil Nan Indah, Pulau Menjangan Surga Untuk Diving

Salah satu diving site yang paling terkenal di Bali tentu Pulau Menjangan, sebuh pulau kecil nan indah yang berada di barat laut Pulau Bali, masuk dalam kawasan wisata Bali Utara, sekitar 5 km dari pulau Bali. Pulau Menjangan sendiri masuk dalam wilayah Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak,  kabupaten Buleleng, tepatnya sekitar 76 Km dari pusat kota Singaraja.   Dan sekitar 20 Km dari Gilimanuk.

Kalau Anda penikmat wisata bawah air laut seperti diving dan snorkeling, jangan lupa untuk berwisata ke Pulau Menjangan ini. Pemandangan bawah laut di tempat ini menjadi semacam kunjungan wajib bagi pari diver.

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sehingga secara adminsitratif, segala hal yang berkaitan dengan pulau Menjangan harus berurusan dengan TNBB. Karena di Pulau ini hidup binatang liar yang dilestarikan yaitu Rusa yang dalam bahasa Bali disebut Menjangan, itu kenapa disebut Pulau Menjangan. Dan luas pulau Menjangan sendiri  sekitar 6000 Hektar.


Untuk menyelam, anda harus ada izin khusus dari Kepala TNBB berkantor di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Hal ini untuk mencegah penyelam sembarangan yang bisa merusak habitat terumbu karang di Pulau ini.  Tetapi anda tidak usah khawatir soal izin ini. Sebab, hampir seluruh dive operator di Bali sudah memiliki izin dari TNBB. Artinya, jika anda ingin menyelam disini, anda wajib didampingi Dive Operator.

Untuk mencapai Pulau Menjangan, anda harus menyeberang dulu dengan boat dari pelabuhan Labuhan Lalang sekitar 30 menit perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju pulau, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah, apalagi kalau pas anda beruntung, anda bisa melihat kawanan hewan rusa yang berkeliaran di sekitar pantai.

Setengah jam perjalanan, sampailah kita di pos pertama. Hampir seluruh perahu memarkir perahunya di dermaga kecil yang terletak di sisi selatan Pulau Menjangan ini. Pos ini pula yang relatif aman untuk penyelam pemula atau sekadar snorkling. Selain itu pemandangannya juga bisa dibilang paling bagus karena tidak terlalu dalam dan terumbu karangnya sangat beragam. Hanya sekitar tiga mter dari bibir pantaipulau Menjangan ke arah laut, kita sudah bisa mendapatkan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Airnya bening dengan suhu sekitar 25 derajat celcius. Tempat ini sangat menakjubkan karena kontur dasar lautnya yang awalnya dangkal mendatar tiba-tiba langsung dalam (drop off). Pada dinding curam itu terdapat berbagai terumbu karang berwarna-warni seperti Millephora sp atau Acrophola sp. Diantara terumbu karang itu ribuan ikan berenang mendekati kita seperti lionfish, stonefish, ikan zebra, maupun jenis lainnya. Menurut catatatn TNBB setidaknya ada 45 jenis terumbu karang, 32 jenis ikan karang, serta sembilan moluska laut yang terdapat di perairan Pulau Menjangan. Seluruh spesies karang dan ikan tersebut bisa kita temukan di Pulau Menjangan.

Jarak pandang (visibility) di tempat ini sangat jelas sekitar 20 meter sehingga memungkinkan kita untuk melihat beragam terumbu karang dengan jelas. Dengan latar belakang dasar laut membiru, terumbu karang berwarna merah, kuning, atau warna-warna menyala lain itu sangat jelas. Di beberapa bagian juga ada semak-semak laut yang bergoyang-goyang ketika terkena arus. Arus di tempat ini tidak terlalu besar sehingga kita tinggal mengatur keseimbangan badan ketika menyelam. Beberapa penyelam biasanya tidak cukup melihat terumbu karang itu hanya sekali. Kita bisa berkali-kali melihat terumbu karang itu, bergerak ke tempat lain, lalu kembali dan mendapati karang dengan pemandangan berbeda. Luas areal menyelam di pos pertama itu mencapai sekitar dua are. Namun selama menyelam, ingatlah jangan sampai menyentuh, apalagi menginjak karang karena akan merusaka habitat terumbu karang yang demikian indah.

Di Pulau Menjangan setidaknya ada delapan site penyelaman antara lain pos pertama yang telah kita kunjungi, Cave Point, Pos 2, Bat Caves, Tenple Slopes, Coral Garden, Anker Wreck, dan Eeel Garden yang berurutan dari barat daya pulau tersebut mengelilingi pulau. Dengan persediaan oksigen terbatas, menyelam sehari tidak akan cukup menjelajah semua tempat tersebut.

Kembali ke lokasi penyelaman, tempat lain yang sering dikunjungi turis adalah Wreck Point dimana terdapat bangkai kapal bekas perang dunia kedua di lokasi ini. Kapal tersebut berada di sebelah utara pulau sehingga lebih dalam, sekitar 40 meter, dan arusnya lebih besar. Penyelam yang menikmati tempat ini biasanya yang kemampuan menyelamnya sudah tinggi. Pemandangan eksotis di tempat ini adalah berbagai terumbu karang yang menempel pada dinding bangkai kapal.

Selain Wreck Point, lokasi lain yang bisa dkunjungi adalah Garden Eel yang terkenal karena belut lautnya. Hal yang paling asik di point ini adalah gorgonian alias kipas laut. Selain itu point ini juga cocok untuk diver pemula karena arusnya yang tidak terlalu besar dan permukaan yang tidak curam. Berbeda misalnya dengan pos satu di selatan Pulau Menjangan yang sedikit datar lalu ada dropp off alias dinding curamnya. Point ini berada di bagian barat laut Pulau Menjangan. Kalau mau langsung dari pos pertama akan mudah karena hanya perlu waktu sekitar 10 menit dengan perahu.

Jika anda ingin memuaskan diri menyelam disini, sebaiknya anda menginap di sekitar pulau menjangan ini. Anda bisa menginap di Gilimanuk, di Pantai Pemuteran atau di Pantai Lovina. Sudah banyak penginapan dan hotel disini dari harga murah sampai kelas hotel Bintang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s