Lukisan Lempad
Lukisan Lempad

Berbicara tentang museum yang ada di Bali, sekarang saya ajak anda mengunjungi Museum Puri Lukisan yang terletak di Jalan Raya Ubudtepatnya sekitar  200 meter sebelah barat Puri Saren, dipisahkan oleh sebuah lembah kecil, naik ke sebidang dataran yang luas dengan pemandangan yang sangat indah.

Museum Lukisan ini memiliki koleksi dari seniman-seniman besar di Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, Ida Bagus Nyana, Anak Agung Gde Sobrat, I Gusti Made Deblog, Mr.Rudolf Bonnet,Walter Spies dan lain sebagainya yang memiliki berbagai corak ragam aliran dari  tradisional sampai Bali Modern

Museum ini di buka pada tahun 1954 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Moh.Yamin dan dikelola oleh Yayasan Ratna Wartha, Ubud – Bali. Museum ini terdiri dari tiga bangunan utama berbentuk U, di tengah-tengah adalah taman museum dan kolam dengan bunga tunjung yang indah. Bangunan pertama adalah tempat pameran tetap untuk lukisan bergaya wayang atau wayang style, lukisan-lukisan dari I Gusti Nyoman Lempad dan penjelasan mengenai keberadaan organisasi Pita Maha. Bangunan kedua juga tempat pameran permanen atau tetap dari hasil karya pelukis yang bergaya Young Artists atau Young Artist Style, hasil karya yang bergaya Modern Tradisional Balinese Style. Bangunan ketiga dipergunakan untuk ajang pameran atau Temporary Exhibition.

Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi website resmi Museum Puri Lukisan Ubud di : http://www.mpl-ubud.com