10 Obyek Wisata Di Gianyar Yang Wajib Anda Kunjungi

Lambang Kabupaten Gianyar
Lambang Kabupaten Gianyar

Kabupaten Gianyar Bali dikenal sebagai gudangnya seni di Bali, karena banyak desa-desa di Gianyar memiliki citra seni sendiri-sendiri. Seperti Celuk yang terkenal sebagai pusat kerajinan emas dan perak, Singapadu sebagai pusat seni ukir batu paras, Batubulan dengan atraksi barong dan kris dance, Ubud sebagai pusat seni lukis, Sukawati sebagai pusat seni ukir kayu, Tegalalang pusat kerajinan tangan, Keramas sebagai pusat seni lukis tradisional Bali yang lebih dikenal dengan aliran Keramas, Bona dikenal sebagai sentra kerajinan dari bambu,  dan hampir semua desa lainnnya memiliki ciri khas seni tersendiri.

Selain potensi seni, Gianyar juga memiliki potensi budaya dan alam yang menjadi obyek wisata favorit dan wajib anda kunjungi. Berikut saya coba rangkum obyek-obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Gianyar.

  • Ubud – menjadi semacam ikon pariwisata Gianyar. Wisatawan jika ke Gianyar, mesti mampir ke Ubud yang memiliki banyak obyek wisata seperty Monkey Forest, Puri Ubud, Museum Neka, Gallery Lukisan, pertunjukan tari dan pasar seni Ubud.
  • Sukawati – menjadi pusat kerajinan dan oleh-oleh khas Bali. Pasar Sukawati adah tempat paling ideal dan lengkap serta murah untuk produk khas Bali.
  • Bali Safari & Marine Park – Kebun binatang terbesar di Bali yang memiliki ratusan jenis satwa dari Indonesia dan negara lainnya dan disini juga ada Bali Agung Theater yang mementaskan binatang sebagai pemainnya.
  • Pura Tirta Empul & Tampaksiring – komplek istana kepresidenan yang dibangun pada jaman presiden Sukarno dengan pemandagan Pura Tirta Empul yang dengan sumber mata air yang tidak pernah surut.
  • Goa Gajah – sebagai simbol akulturasi kebudayaan Hindu dan Buddha yang berkembang pada masa kerajaan Bali Kuno
  • Bali Zoo Park – Kebun binatang pertama di Bali dengan aneka macam koleksi satwa yang memiliki fasilitas  outbound dan trekking.
  • Bali Bird Park & Reptile Park – Taman burung dan reptile di Singapadu yang patut anda kunjungi karena memiliki banyak ragam burung, unggas dan tentunya reptil.
  • Desa Celuk – pusat kerajinan dari emas dan perak yang memiliki ciri khas tersendiri dimana anda disini juga bisa melihat proses pembuatannya.
  • Taman Gajah – atau yang lebih dikenal dengan Bali Elephant Safari Park yang terletak di desa Taro, Payangan adalah pusat gajah di Bali yang memiliki museum gajah terlengkap di Asia Tenggara
  • Pantai Lebih – salah satu pantai terindah yang dimiliki Gianyar dengan pemandangan perahu nelayan dan pulau Nusa Penida, disini anda juga bisa berwisata kuliner aneka jenis makanan dari ikan laut.

Jika anda memiliki lebih banyak waktu, masih banyak obyek wisata lain di seputar Gianyar yang patut anda kunjungi, karena disini hampir semua desa ada obyek wisatanya.  Jika anda suka suasana alam, cobalah ke daerah Gianyar utara, disini  banyak pemandangan yang sangat indah salah satunya adalah Cekingan yaitu pemandangan sawah bertingkat (terasering) yang tidak kalah indahnya dengan Jatiluwih.

One thought on “10 Obyek Wisata Di Gianyar Yang Wajib Anda Kunjungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s