Situs Goa Garba

Goa Garba merupakan salah satu dari sekian banyak situs peninggalan purbakala pada aliran sungai Tukad Pakerisan. Goa ini terletak di Banjar Sawegunung, Desa Pejeng Kaja, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Bali. Tepatnya disebelah timur kantor Kepala Desa Pejeng.

Goa Garba berada dibawah Pura Agung Pengukur-ukuran,  Goa ini aslinya adalah sebuah ceruk pertapaan yang dipahat pada dinding  jurang sungai Pakerisan, untuk mencapai cagar budaya ini kita harus terlebih dahulu turun melewati pintu gerbang gapura yang tangganya tersusun rapi dan terbuat dari batu kali. Di tengah-tengah antara tangga yang terbuat dari susunan batu kali tersebut terdapat bekas telapak kaki manusia yang konon menurut cerita adalah telapak kaki yang membuat tempat pertapaan itu sendiri yaitu Patih Kebo Iwa.

Diatas Goa Garba terdapat beberapa kolam dan pancuran dimana pada sisi salah satu kolam tersebut sebuah lubang masuk menuju goa. Di lokasi Goa Garba terdapat sebuah tulisan yang dipahat berbunyi “ Sra’. Goa Garba diperkirakan dibangun sekitar abad 12 Masehi pada masa pemerintahan Raja Sri Jayapangus, tertulis pada prasasti yang terdapat pada Pura Pengukur-ukuran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s