Museum Semarajaya Kerta Gosa

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu kalau di dalam komplek Taman Gili Kerta Gosa terdapat sebuah museum yaitu Museum Semarajaya. Museum Semarajaya dibangun pada Gedung Bekas Sekolah MULO (Sekolah Menengah Jaman Belanda) dan bekas SMPN I Klungkung yang terletak dalam komplek Kertha Gosa dan Pemedal Agung (pintu bekas kerajaan Klungkung), tepatnya di Jalan Untung Surapati, Klungkung.

Museum Semarajaya Klungkung

Di dalam Museum dipamerkan barang-barang dari jaman prasejarah sampai benda-benda yang dipergunakan selama perang puputan Klungkung. Museum Semarajaya diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 April 1992. Dalam Museum ini dapat dilihat barang-barang yang dipergunakan sebagai perlengkapan upacara adat oleh raja-raja Klungkung serta foto-foto dokumentasi keturunan raja-raja di Klungkung.

Jika anda jalan-jalan ke Kerta Gosa, tidak ada salahnya anda juga mampir ke ini, karena letaknya juga dalam komplek taman tepatnya di sebelah barat Taman Gili Kerta gosa. Bangunan museum memiliki gaya arsitektur unik yang mengesankan yaitu perpaduan dari arsitektur gaya Belanda jaman dulu dengan arsitektur tradisional Bali.

Gedung tersebut memang dibangun pemerintah Belanda setelah runtuhnya kerajaan Klungkung pada tanggal 28 April 1908, jadi jelasnya gedung tersebut dibangun pada tahun 1920. Kini gedung yang penampilannya lain daripada yang lain diantara gedung-gedung yang ada di lingkungan wilayah tersebut, dipergunakan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Klungkung sebagai gedung Museum Semarajaya, setelah mendapat rehab yang intensif. Gedung ini memang menonjolkan kharismanya tersendiri dan menimbulkan daya pesona bagi siapa saja yang memandangnya terutama bagi wisatawan mancanegara maupun nusantara yang banyak berkunjung ke komplek Kertha Gosa.

One thought on “Museum Semarajaya Kerta Gosa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s