Mengintip Goa Jepang

Goa Jepang Klungkung, Bali

Jika anda menuju kota Semarapura Klungkung melalui jalur Kota Gianyar, anda pasti melihat lubang-lubang kecil di sepanjang jalan dekat kota Klungkung tepat di Banjar Koripan Desa Banjarangkan, lubang-lubang itulah yang dikenal dengan nama goa jepang.

Goa Jepang dibuat oleh orang-orang jepang pada masa awal penjajahan sekitar tahun 1941-1942 pada dinding tebing diatas sungai Tukad Bubuh. Ada 16 lubang goa jepang disini yang kesemuanya memiliki kedalaman 4 meter, 2 lubang yaitu di ujung utara dan ujung selatan merupakan goa yang berdiri sendiri, sedang 14 lubang lagi saling berhubungan yang dihubungkan oleh sebuah lorong panjang.

Tujuan dibangunnya goa ini yaitu sebagai lokasi perlindungan para tentara Jepang dalam upayanya mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu di masa Perang Dunia Kedua. Goa Jepang juga banyak terdapat di daerah lain di Indonesia, mengingat kita dulunya sempat dijajah Jepang, walaupun singkat tetapi cukup banyak meninggalkan peninggalan bersejarah.

Peninggalan-peninggalan ini wajib kita lestarikan untuk tetap menjaga nilai nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia. Sekali lagi, jika anda kebetulan lewat daerah ini, tidak ada salahnya anda sempatkan mampir ke Goa Jepang ini ya.,Happy holiday….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s