Puri Agung Blahbatuh, Obyek Wisata Puri Baru Di Bali

Puri Agung Blahbatuh

Puri Agung Blahbatuh di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, terus dibenahi untuk menjadi objek wisata budaya baru yang memiliki nilai sejarah, dimana di puri ini juga tersimpan benda bersejarah berupa topeng Gajah Mada.

Puri seluas empat hektare itu sudah dibenahi dan lebih menonjolkan arsitektur tradisionalnya yang masih utuh.  Inilah nilai lebih Puri Agung Blahbatuh ini, dimana wisatawan dapat melihat keunikan arsitektur dan topeng Gajah Mada.

Puri juga diharapkan menjadi pelopor pelestarian seni, oleh sebab itu  akan berkala dilakukan pemberian penghargaan kepada seniman Bali.

Penghargaan tersebut berupa patung Gajah Mada yang bertujuan untuk membangkitkan aura topeng Gajah Mada yang tersimpan di Puri Agung Blahbatuh

Topeng Gajah Mada

Menurut penglingsir puri, aura topeng Gajah Mada sangat penting untuk dibangkitkan karena jiwa kepahlawan dari Mahapatih Majapahit itu sangat penting untuk dihormati. Gajah Mada merupakan pemersatu nusantara yang terkenal dengan sumpah Palapa-nya.

Selain topeng Gajah Mada, masih ada 20 topeng bersejarah lainnya yang tersimpan di Puri Blahbatuh. Puluhan topeng atau tapel itu,  diupacarai pada hari-hari tertentu, sehingga kesakralannya tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s