Keindahan Pantai Dan Pura Watu Klotok

Pantai Watu Klotok

Kabupaten Klungkung daratan memiliki banyak pantai berpasir hitam yang eksotis, salah satunya adalah pantai Watu Klotok. Walaupun ada juga yang menyebutnya pantai Batu Klotok, karena arti watu dalam bahasa Bali adalah Batu. Sedangkan Klotok memiliki artian “berbunyi“, jadi asal mula penamaannya yaitu ditemukannya sebuah batu yang berbunyi di pantai ini.

Di lokasi pantai tersebut juga terdapat sebuah pura yang namanya sama dengan pantainya yaitu Pura Watu Klotok. Sejarah pendirian pura adalah ketika Mpu Kuturan melakukan perjalanan suci ke Bali pada abad ke-10 masehi. Dalam Lontar Dewa Purana Bangsul yang antara lain memuat: “Beliau Hyang Raja Kertha, datang ke pinggir laut tenggara yang diberi nama Silajong Watu Klotok, demikian disebut orang, mendirikan pura buat menjaga upacara untuk danau, mendatangkan hujan lebat, mengalirkan air selalu membawa kehidupan segala tumbuh-tumbuhan bagai jiwa alam sekalian”. Beliau Hyang Raja Kertha tiada lain adalah Mpu Kuturan.

Pantai Watu Klotok terletak di Banjar Celepik, Desa Tojan, Kabupaten Klungkung sekitar 7 km dari Pusat Kota Semarapura. Aksesnya sangat mudah yaitu ikuti jalan Bypass Ida Bagus Mantra, nanti sesampai desa Tojan, anda belok kanan. Papan nama sudah terpampang dengan jelas kok.

Pura Watu Klotok

Keindah pantai berpasir hitam ini dengan hiasan batu-batu sikat kecil, dan vibrasi keagungan pura watu Klotok menambah eksotisme pantai ini. Jika anda jalan-jalan kesini, mohon jangan melakukan hal-hal yang tidak senonoh, karena tempat ini sangat disucikan.

Satu respons untuk “Keindahan Pantai Dan Pura Watu Klotok

Tinggalkan komentar