Museum Nyoman Gunarsa, Museum Seni Lukis Klasik

Begitu banyak museum dan galery lukisan di Bali, sebagaian besar memang berada di daerah Ubud, tapi ada satu museum lukisan yang berada di daerah Klungkung yang merupakan milik seorang maestro seni lukis Bali yang namanya sudah sangat mendunia, iya beliau adalah Nyoman Gunarsa, sang maestro seni lukis klasik Bali.

Museum ini terletak di jalur yang cukup strategis tepatnya di Pertigaan Banda Desa Takmung 3 Km arah Barat Kota Semarapura. Bentuk bangunan Museum merupakan perpaduan arsitek Bali Modern. Museum Nyoman Gunarsa dibagi menjadi 2 bagian utama, yakni tempat koleksi lukisan klasik Bali dan tempat lukisan modern khas Bali. Untuk kebersihan dan perawatan museum ini dikelola langsung oleh pemilik museum, karena museum ini merupakan museum milik pribadi. Fasilitas yang terdapat di museum ini antara lain; toko buku dan souvenir, coffee shop, rest room serta taman yang luas, sementara area parkir terdapat di depan museum

Didalamnya setidaknya ada sekitar 250 lukisan yang tersimpan dan dibuat dalam jangka waktu lebih kurang 20 tahun yang lalu. Selain itu, terdapat juga patung-patung tradisional Bali, berbagai wayang dan keris peninggalan zaman Kerajaan Gelgel. Di lantai museum ini terdapat panggung terbuka yang diberi nama “Surya Chandra Murti” dengan dilengkapi oleh pintu gerbang besar yag dibuat sendiri oleh Nyoman Gunarsa.

I Nyoman Gunarsa adalah salah satu pelukis Bali yang memiliki ciri khas tersendiri. Sebagian karya besarnya diambil dari cerita dan legenda rakyat Bali. Karya-karyanya diambil dari kesenian Bali, seperti tarian rakyat, musik tradisional, upacara Bali dan pengaruh lingkungan alam.

Tinggalkan komentar